Duta Safety Riding Yamaha
covid-19-ME
SSS chain
GIIAS Surabaya 2020
ME-UPDATE
04
Mar
2013

Duta Safety Riding Yamaha

  6711   0

Sentul, ME. Gak cuma dituntut jago ngebut doang, tapi para pembalap Yamaha juga dijadiin sebagai duta safety riding Yamaha nih bradsis. Jadi, selain diajarin balapan, juga dikasih teori dan praktek safety riding saat Yamaha Rider Gathering di kawasan Bukit Sentul City dan sirkuit Sentul Karting (28/2 & 1/3)..

****

Wajar aja kalo para pembalap ini jadi duta safety riding bradsis, mereka kan juga jadi ikon panutan publik karena skill balap mereka di sirkuit. Jadi jangan mentang-mentang mereka pembalap, terus malah gak mikirin safety, salah besar itu. Ini kan balapan resmi, bukan bali alias balapan liar.

Para pembalap Yamaha yang jadi duta safety riding Yamaha ini diajarin langsung tentang teori dan praktek safety riding dari Yamaha Riding Academy (YRA) yang juga ngelibatin pakar safety riding dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).


”Kali ini adalah pengenalan awal dan akan berlanjut lagi. Rider Yamaha menjadi contoh dan duta safety riding. Saat race bisa habis-habisan membalap tapi di luar perilaku tetap safety riding. Tahun ini Yamaha akan lebih konsisten lagi untuk edukasi safety riding. Dan para pembalap ambil bagian pula dalam aktivitas-aktivitas promosi sebagai duta safety riding,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

”Dari sebelumnya yang tidak saya ketahui, sekarang jadi tahu. Tekniknya bersifat umum tapi ada yang bisa diaplikasikan ke balap khususnya soal crash. Saya siap menjadi duta safety riding Yamaha dan berusaha memberikan contoh yang baik buat masyarakat,” tutur M.Zaki, pembalap Yamaha yang musim ini tampil di Kejurnas Supersport 600cc.

Layaknya anak sekolahan di dalam kelas aja bradsis, para duta safety riding Yamaha ini dikasih teori safety riding juga. ”Teori yang mereka dapatkan adalah tentang soft skill safety riding. Juga dengan praktek agar mereka mengetahui cara berkendara yang benar, aman dan nyaman. Yamaha Riding Academy (YRA) mengajarkan para rider menjadi duta safety riding,” ungkap Andri Kanasyaputra, instruktur safety riding YRA.

Pengetahuan soft skill yang mereka dapat meliputi manajemen resiko, persepsi bahaya, persepsi adanya reaksi dan blind spot (faktor-faktor pemicu kecelakaan). Ada 6 modul yang dijalanin para rider di trek Sentul mengendarai Soul GT, Jupiter Z1 dan New V-Ixion.

Praktek mencakup riding posture, yaitu balancing (lintasan, speed/pergerakan, sitting posture), braking yang dijabarkan dengan modul praktikal yaitu swerves (zigzag/berkelok), dan cornering yang meliputi ascending dan descending yang lebih kepada sitting posture karena posisi tidak boleh statis, harus adjustable kiri, kanan, depan, belakang. Balancing board untuk mengatur 3 elemen keseimbangan yang meliputi saat di lintasan, balancing dan sitting posture, speed trap dan adverse road (jalan rusak).

Teks: Donny (donny@motorexpertz.com), Foto: Istimewa, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  350 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (36)
B. Yamaha WR 250 R (53)
C. Viar Cross X 250 SE (47)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !