Honda Tetap Jadi Raja Skutik?
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
18
Feb
2013

Honda Tetap Jadi Raja Skutik?

  9671   0

Jakarta, ME. Awal tahun 2013 ini bener-bener jadi milik PT Astra Honda Motor (AHM) nih bradsis. Bulan Januari kemaren AHM berhasil memperkuat predikat mereka sebagai raja skutik di Indonesia dengan meraih 71.7% pangsa pasar. Pantesan Honda tetap jadi raja skutik..

****

AHM berhasil menjual skutik mereka sebanyak 286.226 unit di bulan Januari kemaren. Menurut datanya Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan skutik di Indonesia bulan kemaren mencapai 398.995 unit atau naik sekitar 21.7% dibanding bulan Desember 2012. Penjualan Honda sendiri naik 18.9% dibanding bulan Desember dengan menjual skutiknya sebanyak 286.226 unit.

Honda tetap jadi raja skutik juga karena kontribusi BeAT series nih bradsis. Skutik ini diboyong brader n sista se-Indonesia sebanyak 147.213 unit di bulan kemaren. Penjualan sebanyak itu hampir setengahnya dari total penjualan skutik Honda di bulan Januari, atau lebih tepatnya 51.4% bradsis.

Terbanyak kedua adalah Vario series yang mencatat angka penjualan sebanyak 116.664 unit atau 40.7% dari penjualan skutik Honda di bulan Januari. Selain BeAT dan Vario, masih ada skutik lainnya yang berkontribusi, seperti Scoopy, Spacy Helm in PGM-FI, dan PCX. Mereka nih yang bikin Honda tetap jadi raja skutik.

“Penetrasi model baru motor Honda yang kami rilis diterima dengan baik oleh konsumen, seperti The All New Honda BeAT- FI, Honda CB150R StreetFire, Honda Revo Series, dan Honda Verza 150. Selain itu, jumlah hari kerja yang lebih banyak pada bulan Januari memungkinkan kami untuk memproduksi sepeda motor dalam jumlah yang lebih besar untuk memenuhi permintaan konsumen,” jelas Thomas Wijaya, Deputy GM Sales Division, tentang kenaikan penjualan Honda pada Januari.

Doi juga bilang bahwa skutik emang lebih dipilih banyak orang karena kepraktisannya. Makanya, AHM terus ngasih inovasi di produk skutik mereka bradsis. Contohnya produk mereka yang paling baru nih, yaitu Honda Scoopy FI. skutik ini udah pake sistem injeksi yang bikin konsumsi BBM-nya lebih hemat 26% dibanding yang versi karbu. Selian itu, lampu utamanya juga udah pake proyektor pula bradsis. Gak heran kan kenapa Honda tetap jadi raja skutik.

Dengan banyaknya penjualan skutik Honda ini, posisi mereka dipasar nasional juga makin kuat nih. Bulan Januari kemaren, tercatat total penjualan motor di pasar domestik sebesar 646.082 unit. Dari angka segitu, Honda menyumbang sebanyak 61.6% pangsa pasar. Gokil, lebih dari separonya hasil dari Honda. Mereka berhasil ngejual motor mereka sebanyak 398.200 unit atau naik sebanyak 30.4% kalo dibandingin dengan bulan sebelumnya.

“Jumlah hari kerja yang lebih banyak pada bulan Januari memungkinkan kami untuk memproduksi sepeda motor dalam jumlah yang lebih besar untuk memenuhi permintaan konsumen,” jelas Thomas tentang kenaikan penjualan Honda pada Januari.

Gak cuma skutik, penjualan bebek Honda pun meningkat bradsis. Bulan Januari kemaren, bebek Honda mampu terjual sebanyak 90.400 unit atau naik 70.1% dibanding bulan sebelumnya. Predikat raja motor bebek juga tetep dipegang Honda yang mampu nguasain pangsa pasar sebesar 60.2%. Bebek yang paling banyak diminati oleh brader n sista adalah Supra series yang laku terjual sebanyak 42.894 unit, terbanyak kedua adalah Revo series yang terjual 32.756 unit, dan terakhir adalah New Blade sebanyak 14.750 unit.

Kabar gembira buat AHM juga dateng dari segmen sport Honda yang naik sebesar 86.3% dengan penjualan pada bulan lalu sebanyak 21.754 unit. Ini berkat kontribusi StreetFire dan Verza 150 juga bradsis.

“Kami yakin, pelan namun pasti, penetrasi kami di segmen motor sport akan semakin kuat. Pencapaian pada awal tahun ini menggambarkan adanya penerimaan yang positif dari konsumen terhadap dua model motor sport yang kami rilis,” ujar Thomas.

Teks: Donny (donny@motorexpertz.com), Foto: Istimewa, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  321 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !