Forwot & AHM Bagi 1.000 Masker
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
15
Feb
2013

Forwot & AHM Bagi 1.000 Masker

  6120   0

Jakarta, ME. Di hari kasih sayang (14/2) atau yang biasa disebut Valentine ini biasanya orang-orang pada ngasih cokelat kepada orang yang disayanginnya. Tapi beda lagi dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) nih, bradsis. Mereka gak bagi-bagi cokelat, melainkan masker dan stiker..

****

Dalam kegiatan bagi-bagi masker dan stiker ini, Forwot kerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM), Summit Oto Finance, dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Kegiatan ini sendiri disebut dengan program Forwot Care.

Ada sekitar 50 wartawan yang juga tergabung di Forwot yang ikutan aksi ini bradsis. Mereka dibantu juga sama simpatisan lainnya. Ada 1.000 masker dan 1.000 stiker safety riding dibagi-bagiin secara gratis kepada brader n sista pengendara motor yang lagi meluncur di jalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Sepanjang acara, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana juga ikutan hadir bradsis.

“Sesama pengguna jalan harus mampu menyayangi pengguna jalan lainnya seperti mereka menyayangi keluarga mereka sendiri. Semua pengguna jalan harus selamat sampai di rumah agar bisa tetap menyayangi keluarga mereka yang telah menunggu di rumah,” ujar Wahyu Sibarani, Ketua Pelaksana Forwot Care 2013.

Brader satu ini juga nambahin bahwa acara ini sengaja diadain bertepatan dengan hari Valentine. Tujuannya yaitu mengkampanyekan pentingnya rasa saling menyayangi antara pengguna jalan baik itu pejalan kaki, pengendara motor, pengendara mobil, bahkan hingga pengguna transportasi umum juga bradsis.

Rasa saling menyayangi yang tumbuh di antara pengguna jalan ini diharapkan mampu menciptakan ketertiban lalu lintas dan menekan tingginya angka kecelakaan yang terjadi di jalan. Jadi, gak asal bagi-bagiin masker doang bradsis. Tapi sebenernya tujuannya lebih dari itu lho.

“Acara ini merupakan bukti Forwot total terhadap keselamatan berkendara. Forwot peduli dengan kesehatan para pengendara motor yang rentan terhadap emisi gas buang yang amat berbahaya itu,” tegas Eri Haryoko, Ketua Umum Forwot.

Doi nambahin bahwa pembagian stiker dan masker ini adalah bukti bahwa Forwot juga peduli terhadap keselamatan berkendara. Gak cuma keselamatan doang, tapi kesehatan juga jadi perhatian bradsis.

Chrynanda juga bilng bahwa kegiatan ini positif banget. Peran aktif masyarakat dalam ngasih pengetahuan dan pendidikan safety riding yang bakal bermanfaat banget. Sesuai dengan target mereka, yaitu kepengen agar tiap orang jadi pelopor keselamatan berkendara. “Keselamatan para pengendara adalah hal yang utama,” ujar Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana.

Penggunaan masker juga dinilai penting banget oleh Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC). “Oleh karena itu penggunaan masker ketika mengendarai sepeda motor di jalan raya merupakan sikap bijak yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pengendara motors atau biker,” tegas Jusri Pulubuhu.

Menurut brader Jusri, masker bisa nyaring debu, gas, atau partikel-partikel beracun lainnya yang bertebaran di udara seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida,  hidrokarbon, timbal, dan karbon dioksida. “Semua zat tersebut sangat berbahaya misalnya  CO (Karbon monoksida karena gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun. Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil, misalnya gas buangan kendaraan bermotor,” jelas Jusri.

"Kami sangat concern dengan kebutuhan para bikers. Teknologi PGM-FI salah satu upaya kami membantu menciptakan udara bersih. Namun kalau dilihat kondisi polusi di Jakarta dan demi kesehatan, akan lebih baik jika para biker menggunakan masker. Dan yang jauh lebih penting, para bikers hendaknya selalu menerapkan prinsip-prinsip safety riding sebagai gaya hidup disiplin dan beretika saat berkendara di jalan" ujar Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM.

Kristanto yang mewakili AHM ini bilang pihak mereka udah usaha untuk menekan emisi gas buang motor. Brader n sista pasti udah pada tau lah sama teknologi injeksinya AHM, yaitu PGM-FI. Teknologi injeksi ini efektif banget buat ngurangin emisi bradsis.

“Tujuan SOF tidak semata-mata melakukan pembiayaan kepemilikan sepeda motor. Kami juga memiliki tanggung jawab moral dalam menciptakan ketertiban dan keselamatan berkendara. Maka, apa yang dilakukan FORWOT sesuai dengan tanggung jawab kami tersebut, sehingga kami mendukung penuh kegiatan positip rekan-rekan wartawan tersebut,” ujar Idham Cholid, Corporate Secretary Oto Group.

Masih ada 10 program lainnya yang bakal diadain Forwot di tahun 2013 ini, dan kegiatan Forwot Care ini jadi kegiatan perdana bradsis. Kedepannya mereka bakal ngadain pelatihan berkendara aman untuk roda empat dan roda dua, Seminar, Workshop dan beberapa aktifitas sosial lainnya. 10 program ini direncanain untuk ngerayain 10 tahun terbentuknya Forwot.

"Pada pelaksanaannya program Forwot di 2013 akan lebih banyak menjangkau daerah dan merangkul banyak pihak terkait. Dan puncak perayaaan satu dasawarsa Forwot akan dilangsungkan pada 30 April 2013, sekaligus meresmikan logo baru Forwot dan Re-launch Website Forwot," terang Mardenny, Ketua Panitia Satu Dasawarsa Forwot.

Teks: Donny (donny@motorexpertz.com), Foto: Istimewa, Join us on fanpage & twitter: @MotorExpertz, PIN BB: 24B2AFEE

  303 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !