GUIDANCE

TO BE

EXPERTISE

BIKERS

Panduan Informasi Berita Otomotif Roda Dua dan Komunitas Motor Terkini
  • KONTAK REDAKSI: JL. Ciledug Raya NO.1, Ciledug, Banten, TELP: 021-7304640 # FAX-021-7304640 # KONTAK CENTER: 0838-90466060 # EMAIL: REDAKSI@MOTOREXPERTZ.COM
  • Punya Info Seputar Kegiatan Klub? Atau Punya Bengkel yang Mau Diekspose di ME? Kirim Informasinya ke email: Redaksi@motorexpertz.com, GRATISS...!!!
  • Pengen hasil MODIFIKASI lo eksist ?, kirim deh foto-foto kerennya ke email : redaksi@motorexpertz.com. Jangan lupa data ubahannya yaa...
  • Motorexpertz.com Membuka Lowongan Untuk Penulis Baru, Kirim Lamaran Elo ke admin@motorexpertz.com atau redaksi@motorexpertz.com
  • Pengen dapetin hadiah menarik dari MotorExpertz.com? Ikuti kuis yang kami adakan setiap minggunya bradsis. Banyak hadiah yang bisa loe dapetin di sini. Stay tune yah, www.motorexpertz.com
  • Demi Tampilan dan Fitur yang Lebih Baik, Kami Menunggu Saran dan Kritik #Motorexpertiz semua, Kirim Suara Elo Bradsis ke Inbox #ME, ya. Thanks
  • Selamat Datang di Rumahnya Bikers: #Motorexpertz.com
x

Apa Itu Knocking dan Apa Pula Bahayanya?

Knowledge Efek Knocking

Posted on May 28, 2013 by Iman Sunaryo

JAKARTA, ME. Sering gak sih brader n sist dengar istilah knocking? Yups seratus brad, ngelitik atau pre-ignition. Bahaya, gak? Sebetulnya mesin dalam kondisi ini terlalu lama, justru piston yang akan jadi korban. Sebab terjadi getaran dari mesin dengan irama yang sama dengan suara tersebut.

**********************

Bisa Bubar Tuh, Motor

Getaran ini muncul akibat bahan bakar dalam ruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu, sebelum waktu penyalaan yang semestinya. Itu sebabnya bradsis,  dinamakan 'penyalaan mula' atau 'penyalaan sendiri' (Pre-ignition atau auto-ignition). Wuihhh... rompal atau bolong, bisa itu piston kalau berlama-lama di kondisi ini.

Piston rompal dipinggir salah satu efek jelas dari knockingUmumnya knocking disebabkan oleh mutu bahan bakar yang tidak tepat atau bermutu jelek. Tapi lebih kacau lagi, gejala ini justru sering dialami motor-motor yang sudah dibore-up. “Karena motor bore-up sudah pasti oversize piston, yang artinya perbandingan kompresi naik, yang ujung-ujungnya menuntut bahan bakar lebih ciamik,” beber Fredy Gautama, selaku pemilik gerai speed shop Ultraspeed, yang sebentar lagi akan memiliki momongan…ajib kokoh.. Selamat yahhh...

Masih ujarnya, “Makanya jangan sembarang bore-up kalau tidak tahu cara menghitung kompresi dengan akurat, karena akan menentukan mau minum apa tuh motor. Percaya atau tidak, kompresi 12,5 : 1 dengan minum pertamax Plus aja masih bubar tuh piston. Lagian masih banyak cara kok, bikin motor melaju tanpa gila rasio kompresi besar. Lebih parah lagi sih, kalau gak tau cara itungnya, mending jangan nekat deh, tanpa konsultasi. Bubar pasti tuh, motor buang bahan.

Weh, jadi gitu yak. Makin penasarankan sama gimana cara menghitungnya? Pantau terus bradsis, tim Motorexpertz akan coba menjelaskan dengan gaya bahasa yang gampang dan lugas..hehehe.

Teks: Iman (redaksi@motorexpertz.com), Foto:Dok ME, Join us on fanpage & twitter: @motorexpertz,  Pin BB: 24B2AFEE

Related Article

Facebook Fan Page